Ini Dia 8 Hal Penting Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memulai Membuat Blog

Salam Sobat......
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang hal-hal yang harus sobat persiapkan sebelum membuat atau memulai ngeBlog.Nah....jika pada artikel sebelumnya saya telah membahas tentang pengertian kata Blog,Blogger,dan Blogging jadi saya tidak akan menjelaskanya lagi tentang apa itu Blog ? Tetapi saya akan membahas tentang hal-hal yang dipersiapkan sebelum mulai ngeBlog.

Nah.....kenapa membuat / memulai ngeBlog aja harus ada yang dipersiapkan ? Yah gini......sebenarnya ini hanyalah sekedar tips&trik dari saya agar nantinya sobat tidak asal-asalan membuat Blog yang hingga akhirnya berhenti (Kandas) ditengah jalan.Hal sekecil apapun sebaiknya harus sobat persiapkan sebelumnya terlebih dahulu, seperti halnya mau nge Blog ada hal yang menurut saya harus dipersiapkan.

Lalu jika sobat menerapkan tips & trik ini apakah menjamin sobat menjadi seorang Blogger yang sukses ? Nah...kalau hal ini saya tidak berani menjamin sepenuhnya tetapi rata-rata para Blogger yang sukses memiliki persiapan yang matang sebelum memulai ngeBlog.Karena dengan adanya rencana atau persiapan yang matang, sobat akan jadi lebih mudah untuk mengelola Blog nantinya.

Oke....bagi sobat yang sudah tak sabar lagi, langsung saja baca dan simak artikel ini sampai bawah.......

1.Niat dan Kemauan Yang Kuat

        Nah.....saya rasa untuk hal yang satu ini jangan sobat remehkan, mengapa ? karena banyak orang yang gagal menjadi seorang Blogger yang sukses karena mereka terjun didunia Blogging tanpa didasari niat atau kemauan yang kuat.Atau mereka terjun didunia Blogging cuma ikut-ikutan karena tergiur dengan penghasilan para Blogger yang sukses tanpa memperhatikan persiapan dan tehnik-tehnik dalam Blogging.

       Pastinya sobat yang terjun didunia Blog ingin menjadi seorang Blogger yang sukses termasuk saya sekalipun.Dengan adanya niat dan kemauan yang kuat maka sobat akan lebih percaya diri dan tidak mudah putus asa sehingga lebih menekuni dan telaten nantinya.Ooo...iya jangan lupa dengan tujuan sobat membuat Blog, apakah sobat ingin mengahasah kemampuan menulis ataukah membagi ilmu yang sobat miliki kepada orang lain, yang penting saran saya tujuannya yang positif dan bermanfaat bagi orang lain.

2.Menentukan Niche (Topik) Blog

         Memilih topik Blog sangatlah penting karena ini adalah poin penting dalam menentukan sukses atau tidaknya Blog yang sobat miliki.Jadi hal ini jangan sampai sobat remehkan karena memiliki pengaruh yang besar nantinya.Ingat karena ngeBlog dilakukan secara berkesambungan maka sobat harus bisa membuang rasa bosan ketika mengelola Blog.

        Untuk menghilangkan rasa bosan tersebut,memilih Niche (topik) ini sangatlah penting karena jika sobat dapat memilih Niche yang sesuai maka sobat akan tidak merasa bosan ketika mengelola Blog.Banyak topik yang bisa sobat pilih untuk keperluan ngeBlog, misal Kuliner, Kesehatan, Elektronik, Otomotif, Bisnis,Pertanian,Komputer,Game,Software dan masih banyak lagi.

        Untuk pemilihan topik saya sarankan sobat sudah memiliki pengetahuan dibidang tersebut.Misal sobat memiliki kemampuan dibidang Otomotif, maka sebaiknya sobat memilih topik tersebut untuk bahan ulasan diBlog sobat.Karena jika sobat memilih topik yang diluar kemampuan sobat rasanya akan malas untuk konsisten mengelola Blog tersebut.

       Selain itu juga, dengan menguasai topik yang sobat sukai juga akan memeberikan kemudahan dalam mencari ide postingan nantinya.Jika sobat masih bingung untuk memilih topik untuk ngeBlog, maka sobat bisa memperhatikan 2 hal berikut....

      A.Topik yang sobat minati

       Jika sobat menyukai hal yang berbau kecantikan maka sobat bisa membuat Blog yang membahas tentang trik merawat kecantikan wajah dan lainya

      B.Topik tersebut juga diminati orang lain (Pembaca)

      Selain topik yang sobat minati maka harus ada orang lain yang minat pula.Percuma jika sobat membuat artikel tetapi artikel tersebut banyak orang yang suka.

3.Memilih Paltform Blog

   Nah....sekarang ini ada banyak Paltform Blog yang bisa sobat pilih.Seperti Blogger (Blogspot),Wordpress,Tumblr,Weebly,Typepad dan lain-lain.Silahkan sobat pilih sesuai dengan selera sobat.
8 Hal Penting Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mememulai NgeBlog
Paltform Blog

     Tetapi untuk saran saya bagi sobat yang masih pemula atau baru saja terjun didunia Blog gunakanlah Paltform Blogger (Blogspot), Mengapa ? karena Paltform Blogger ini benar-benar gratis untuk sobat gunakan dan memiliki tampilan antar muka yang mudah untuk dipahami walau sobat pemula sekalipun (Fiendly).

     Selain itu karena Blogger ini milik Google sendiri maka tentunya akan mendapat prioritas tersendiri dimata Search Engine Google.Banyak yang menyediakan tutorial ngeBlog diBlogger dan adanya banyakTemplate juga menjadi salah satu faktor mengapa Blogger digunakan oleh banyak orang.

      Bagaimana dengan Wordpress ? Nah...untuk Paltform yang satu ini sepertinya sudah tidak diragukan lagi kemampua dan kehebatanya karena sudah terbukti banyak Blog yang terkenal menggunakan Paltform ini seperti CNN,People Magazine dan lainya.Selain itu juga terdapat plugin-plugin yang memudahkan sobat dalam mengelola Blog.Jadi bagi sobat yang sudah lama terjun didunia Blog maka disarankan untuk segera pindah ke Paltform Wordpress ini karena akan banyak fitur yang bisa sobat jumpai disana.

4.Menentukan Bahasa Yang Akan Digunakan

       Nah....untuk hal ini sebenarnya tidak terlalu sobat pentingkan karena ini tergantung dari target tujuan pembaca sobat.Jika sobat menargetkan secara global, maka disarankan untuk menggunakan Bahasa Inggris dalam menuliskan artikelnya. Namun jika sobat membuat Blog untuk ditargetkan untuk ruang lingkup lokal maka menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benarpun sudah cukup bagus untuk dilakukan.

5.Memilih Atau Menentukan Nama Domain

TLD Domain

        Menentukan nama domain (alamat) Blog juga penting untuk sobat perhatikan.Saran saya buatlah alamat url Blog yang mengandung Keyword (Kata kunci) dan mudah untuk diingat orang lain.Misalnya saja Desain-Corel.com atau Kuliner-Indo.com.Pokonya buat nama yang singkat, unik, dan mudah diingat oleh orang lain.

      Lalu pilih Domain gratis atau berbayar ? Kalau saran saya jika sobat baru saja terjun didunia ngBlog maka gunakan domain yang gratisan saja.Tetapi jika sobat sudah mengenal dan serius didunia Blog maka gunakanlah Domain yang berbayar.Untuk Domain berbayarnya sobat saya sarankan untuk menggunakan Domain TLD (Top Level Domain) .com atau .net .Mengapa ?

1. Blog yang sobat punya jadi terlihat lebih Profesional.
2. Dipercaya oleh pembaca karena dengan Domain TLD ini sobat akan terlihat serius dalam                     mengelola Blognya.
3. Lebih mudah untuk bekerja sama dengan Advertiser.
  
        Lalu bagaimanakah dengan Domain TLD gratisan seperti .ga/.tk ? Yah.....kalau hal itu terserah sobat.Kalu saya sendiri lebih suka Domain dari Blogger yaitu .blogspot.com mungkin nantinya saya juga akan beralih ke Domain TLD berbayar seperti .com/.net.

6.Menyiapkan Template

       Nah....setelah itu langkah selanjutnya adalah menyiapkan Template untuk Blog sobat.Sebenarnya secara default sobat telah diberi beberapa Template dari Paltform Blog yang anda gunakan.Tetapi untuk saran saya, gunakanlah Template dari luar atau didownload di mbah Google, banyak yang nyediain.Untuk memilih template sendiri jangan sembarangan lho......jangan asal memilih Template.Mengapa ? karena usahakan Template yang sobat pilih harus memenuhi 3 kriteria berikut

1.User Friendly
2.Fast Loading
3.Responsive

      Oke.....sebenarnya ada beberapa kriteria lain untuk memilih Template Blog, tetapi saya ambil bagian pentingnya saja.Bagi sobat yang masih belum tahu atau bingung dengan arti kata diatas maka tunggu saja artikel saya yang membahas tentang cara memilih Template yang bagus untuk Blog.

      Jadi jangan mentang-mentang Templatenya warna-warni,ada gambar macem-mecem, menarik dan terlihat rame, jangan sobat pikir itu Template yang bagus, malah bisa-bisa membuat loading Blog berat.Bahkan menurut saya pilih Template yang tampilanya sederhana tapi elegan saja.

   Nah.....itulah beberapa hal yang harus sobat persiapkan dan pikirkan sebelum membuat Blog.Walaupun cuma gak seberapa mungkin bisa bermanfaat bagi sobat semua.

     Oke....sekian postingan saya kali ini,semoga postingan saya kali ini bermanfaat bagi sobat-sobat semua.Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan postingan ini.Bila ada yang ingin sobat tanyakan , silahkan sobat berkomentar di bawah.
 

Popular Posts