Bagaimana Pengertian PHP dan Sejarah Perkembanganya

Salam Sobat.......
Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas mengenai salah satu Bahasa Pemrogramman yang cukup populer, yakni PHP.Nah.....bagi sobat yang berkecimpung didunia Web Developer pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah PHP ini.Karena pada dasarnya PHP ini merupakan salah satu pemrogramman yang biasanya diimplementasikan saat pembuatan aplikasi Website, agar Website tersebut terlihat menarik dari sisi mekanismenya.

       Seperti halnya JavaScript, PHP juga bisa dibilang hal yang wajib untuk sobat kuasai apabila sobat berniat untuk serius mendalami dunia Web Programming.Nah......bagi sobat yang sudah mengerti dasar atau mungkin sudah mahir mengenai HTML dan CSS maka saran saya untuk segera mempelajari pemrogramman PHP ini.

Oke.....langsung saja lanjut ketahap isi dari artikel ini......

1.Pengertian PHP

Pengertian PHP dan Sejarah Perkembanganya
PHP

      PHP atau singkatan dari Hypertext Preprocessor merupakan sebuah Bahasa Pemrogramman tingkat tinggi berbasis Script Server-Side Programming yang dipasang pada dokumen HTML yang bertujuan untuk mendapatkan Website yang dinamis dan bekerja secara otomatis.

        Lah.....apa sih itu Server-Side Programming ? Nah......Mungkin itulah pertanyaan yang terlintas dipikiran sobat.Oke.....bagi sobat yang masih penasaran mengenai Server-Side Programming ini, silahkan baca kutipan singkat dibawah ini......

A.Pembahasan Singkat Server-Side Programming

   Server-Side Programming merupakan salah satu jenis Pemrogramman yang cara kerja pengolahannya diproses oleh komputer Server.Jadi saat komputer Client mengirim Script PHP ke komputer Server, maka script tersebut akan diolah dan hasilnya akan ditampilkan kembali ke komputer Client.Masih bingung atau belum paham ?

Oke......saya akan memberikan sedikit gambaran dari Server-Side Programming ini......

     Misalkan sobat membuat sebuah progam untuk menghitung perkaliaan , pembagian , pengurangan, dan penjumlahan menggunakan Bahasa Pemrogramman PHP.Dalam pembuatan progam tersebut sobat membuat form input data dan Script PHP untuk mengolah bilangan.Setelah itu sobat upload kedua file tersebut keServer.

         Nah.....setelah itu ada seorang user yang berposisi sebagai Client yang mengakses progam yang sobat buat tadi.Setelah itu user tersebut mengisi bilangan kedalam form dan memilih operator perkalian, selanjutnya ia men’submitnya.Nah.....bilangan yang diisikan ke form tadi akan diarahkan kefile PHP yang selanjutnya akan dikirim keServer.

        Pada Server inilah dua bilangan tadi akan dikalikan atau diproses agar mendapatkan hasil yang diinginkan oleh si’user tadi.Setelah diolah maka hasilnya tadi akan dikirimkan kembali keKomputer user tadi, agar si’user tersebut mengetahui hasil dari perkalian dua buah bilangan tadi. 

       Setelah sobat membaca gambaran diatas, saya anggap sobat sudah tahu mengenai apa itu Server-Side Programming.Karena menurut saya gambaran diatas sudah cukup jelas dalam menjelaskan apa itu Server-Side Programming.

2.Sejarah PHP (Hypertext Preprocessor) dan Perkembanganya

      PHP pertama kali diciptakan pada tahun 1995 oleh seorang Programmer C yang bernama Rasmus Lerdorf.Namun pada waktu itu namanya bukan PHP, melainkan bernama FI atau Form Interpreted.FI sendiri merupakan sekumpulan Script yang digunakan untuk mengolah data form dari Web.

Rasmus Lerdorf
     Kemudian Rasmus melepaskan Source Code tersebut dan menamainya PHP yang merupakan singkatan dari Personal Home Page.Karena dengan adanya pelepasan sumber kode tersebut, maka PHP tersebut menjadi Open Source.Sehingga banyak orang yang tertarik dengan perkembangan PHP tersebut.Pelepasan tersebut juga bisa dibilang PHP (Personal Home Page) versi 1.0.


       Selanjutnya pada tahun 1996 meluncurlah PHP versi 2.0 yang dipersenjatai dengan kemampuan dapat mengakses Database dan terintegrasi dengan HTML.Pada versi ini pula, PHP sudah terintregasi dengan Bahasa Pemrogramman C.

   Pada tahun 1998 PHP versi 3.0 diluncurkan oleh sebuah perusahaan yang bernama ZEND.Perusahaan tersebut menulis ulang Interpreter PHP sehingga menjadikan lebih baik dan lebih cepat dalam kinerjanya.Fasilitas dari versi inipun juga meningkat, seperti halnya mendukung beberapa akses kebanyak Database,pengolahan Protokol,dan System API.Nah.....pada versi ini juga singkatan PHP diubah, yang dulunya Personal Home Page menjadi Hypertext Preprocessor.

        Kemudian pada tahun 1999 PHP versi 4.0 telah dirilis.Pada versi ini PHP mempunyai fitur yang lebih lengkap lagi dibandingkan versi sebelumnya.PHP versi ini banyak digunakan pada abad ke-21 karena sudah mampu membuat Web Kompleks dengan stabilitas kecepatan yang tinggi.Semua ini terjadi karena pada versi ini sudah terintegrasi dengan ZEND Engine dan Build In HTTP Session.

    Sekitar bulan Juni tahun 2004,PHP versi 5.0 diluncurkan oleh ZEND dengan melakukan perubahan besar-besaran pada Interpreted PHP tersebut.Pada versi ini sudah memiliki kemampuan untuk memasukan model Pemrogramman yang berorientasi obyek kedalam PHP untuk menjawab perkembangan Bahasa Pemrogramman kearah paradigma berorientasi obyek.

3.Kelebihan Bahasa Pemrogramman PHP

a.PHP bersifat Open Source dan Multi Paltform, sehingga bisa dijalankan diberbagai OS seperti Windows,Unix,Linux dan lainya.
b.Mudah untuk dipelajari karena syntax-syntaxnya mirip dengan Bahasa Pemrogramman C/C++. 
c.Sudah banyak Web Hosting yang mendukung PHP.
d.Karena banyaknya forum yang membahas PHP, maka sobat akan lebih mudah untuk mengembangkan dan mempelajarinya.

     Oke.....sekiranya sampai disini dulu pembahasan saya mengenai pengertian, sejarah,dan kelebihan Pemrogramman PHP.Untuk persiapan/peralatan belajar PHP atau struktur dasar PHP mungkin akan saya bahas pada artikel selanjutnya.

Nah.......Bagaimana apakah sobat sudah paham ?Oke....sekian postingan saya kali ini,semoga postingan saya kali ini bermanfaat bagi sobat-sobat semua.Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan postingan ini.Bila ada yang ingin sobat tanyakan , silahkan sobat berkomentar di bawah.
 

Popular Posts