Bagaimana Pengertian Sistem Operasi Beserta Fungsi-Fungsinya

Salam Sobat .....Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai pengertian dan fungsi dari Sistem Operasi.Sebetulnya pasti sobat sudah tidak asing lagi dengan kata yang biasa disingkat jadi OS ini (Operating System).Pada saat membicarakan hal-hal yang berbau Komputer pasti tidak luput yang namanya Sistem Operasi ini.

      Tak jarang bila seseorang menanyakan “Apa OS diKomputermu ?” Nah.....mungkin bagi sebagian banyak orang sudah tahu dan bisa menjawabnya, namun apa yang terjadi bila sobat ditanya seperti itu dan tidak tahu.Mungkin sobat bisa saja ditertawain, karena dizaman ini pasti sudah akrab yang namanya Sistem Operasi ini.

Oke.....untuk itulah saya membuat artikel ini agar yang sebelumnya sobat tidak tahu menjadi tahu dan tidak ketinggalan zaman lagi.Langsung saja pada pembahasan intinya......

1.Pengertian Sistem Operasi

      Sistem Operasi adalah perangkat lunak atau biasa disebut Software pada Komputer yang memiliki tugas untuk mengontrol dan mengatur (Memanajemen) perangkat keras atau Hardware sebagai operasi-operasi dasar sistem,termasuk dalam menjalankan berbagai aplikasi.

   Misalnya saja menjalankan aplikasi program pengolah data yang bisa berbentuk angka,gambar,video dan lainya untuk mempermudah kegiatan sehari-hari manusia.Tanpa adanya Sistem Operasi maka siKomputer itu sendiri tidak dapat berjalan, kecuali jika mengguanakan program Booting Komputer.

   Kalau bisa diibaratkan, bayangkan saja jika perangkat keras/Hardware Komputer (Monitor,CPU,Keyboard,Mouse,dan lainya) merupakan tubuh, dan Sistem Operasi berperan sebagai nyawanya yang berfungsi untuk menggerakan Hardware-Hardware tersebut.Jadi bila tidak ada Sistem Operasi maka siHardware itupun tidak akan berjalan.

Penjelasan Wikipedia

Sistem Operasi adalah komponen pengolah piranti lunak dasar (Essential Component) yang tersistem sebagai pengelola sumber daya dari perangkat keras Komputer (Hardware) dan sebagai penyedia layanan umum untuk aplikasi.
        Sistem Operasi sendiri merupakan program yang terletak pada lapisan pertama pada Memory Komputer (Harddisk) pada saat melakukan Booting.Sedangkan untuk perangkat Software lainya akan dijalankan setelah Sistem Operasi tersebut bekerja.Sistem Operasi itu juga melakukan layanan utama untuk para Software-software tersebut, seperti melakukan akses keDisk,Manajemen Memory,Skeduling Task, dan antar muka user.

Sistem Operasi Berbasis GUI dan CLI

       Sebenarnya secara tampilan Sistem Operasi dapat dibagi menjadi dua macam, yakni CLI dan GUI.Untuk GUI (Graphical User Interface) merupakan jenis antar muka pada Komputer yang menggunakan menu Grafis agar mempermudah si’usernya agar mudah berinteraksi antara Komputer dengan siuser.

         CLI (Command Line Interface) sendiri jenis antar muka Sistem Operasi yang menggunakan baris perintah atau text yang diketikan untuk mendapatkan hasil tertentu (Command).Untuk jenis yang ini saya yakin pasti sudah jarang yang menggunakanya.

       Karena jenis CLI ini memang sulit karena dituntut untuk menghafal Syntax-syntax Sistem Operasi tersebut agar dapat berinteraksi.Jujur saya sendiri juga masih belum hafal semua Syntax pada OS Linux Debian yang menggunakan basis CLI.Tidak seperti basis GUI yang tinggal Klak Klik Klak Klik saja.....

Pengertian Sistem Operasi Beserta Fungsi-Fungsinya

       Lihat lah gambar diatas......pada gambar tersebut terdapat dua buah tampilan Sistem Operasi, dimana pada bagian kiri merupakan OS berbasis GUI sedangkan yang kanan berbasis CLI.Saya yakin pasti hampir dari semua sobat menggunakan OS berbasis GUI seperti yang kiri.

Sistem Operasi Yang Sering Digunakan

       Nah......untuk yang ini saya pasti sobat sudah tahu jawabanya, apa sobat berfikir OS Windows yang sering digunakan, ya tentu saja lihat saja disekeliling lingkungan sobat, pasti mayoritas menggunakan OS Windows.Tetapi ternyata juga ada banyak Lhooo OS lainya yang cukup populer, seperti dibawah ini daftar singkat mengenai OS yang sering digunakan....

1.Windows

Pengertian Sistem Operasi Beserta Fungsi-Fungsinya
Windows 10
      Siapa yang tak kenal dengan OS yang satu ini ? OS yang dikembangkan oleh pihak Microsoft Corporation ini memang OS yang paling populer dan paling banyak digunakan diseluruh dunia.Dengan tampilanya yang GUI ini membuat para usernya betah dan mudah untuk mengoperasikanya.

       Windows sudah memiliki beberapa variant yang berbagai macam dari yang lama atau awal sampai yang terbaru dengan fitur yang selalu diupgrade.Seperti halnya dari Windows NT,Windows 98,Windows XP,Windows Vista,Windows 7,Windows 8, sampai Windows 10.

2.Linux

Pengertian Sistem Operasi Beserta Fungsi-Fungsinya
Linux Mandriva
        Linux juga merupakan OS yang terpopuler lainya.Sistem Operasi yang dikembangkan Linus Tolvads ini memang memiliki perbedaan dari kebanyakan OS lainya,hal itu bisa dilihat dari Kernel Linux dan komponen-komponenya yang disengajakan terbuka (Open Source).

   Linux memang OS yang rata-rata gratis untuk didapat dan juga kebal terhadap Malware/Virus.Linux memiliki banyak variant yang biasa disebut Distro Linux, misal Debian, Suse,Fedora, Gentoo, Mandriva, Red Hat,Turbo Linux, Ubuntu, Lycoris, Xandros, Linare , Lindows , Slackware , Knoppix , dan lain-lain.

3.Macintosh Operating System 

Pengertian Sistem Operasi Beserta Fungsi-Fungsinya
Mac OS
        OS yang biasa disebut Mac OS ini memang termasuk salah satu OS terpopuler didunia.OS ini dikembangkan oleh pihak Apple Computer dan memang dibuat khusus untuk Komputer dari Macintosh.

       Ada dua buah jenis dari Mac OS ini, yakni Mac OS Klasik dan Mac OS X.






2.Fungsi Sistem Operasi

        Sebenarnya fungsi dari Sistem Operasi secara sederhananya adalah sebagai perantara/mediasi atau bisa diibaratkan jembatan yang menghubungkan antara lapisan Software dengan lapisan Hardware.Selain itu Sistem Operasi juga berfungsi menjamin Software agar dapat berjalan dengan lancar.

Secara umum Sistem Operasi memiliki fungsi.....

1.Mengatur Kinerja Hardware dan Software

       Seperti yang sobat ketahui bahwa Sistem Operasi bisa dikatakan sebagai Resource Manager dalam perangkat Komputer.Artinya Sistem Operasi memiliki fungsi atau tugas untuk mengontrol perangkat keras (Hardware) seperti Memory,Processor,Harddisk dan lain sebagainya,serta mengatur fungsi dari program Software agar dapat terhubung dengan Hardware tersebut.

2.Sistem Operasi Sebagai Optimalisasi

        Yang dimaksud disini adalah Sistem Operasi akan membuat Scedule atas beberapa masukan dari pengguna (Input),akses basis data,komputasi,keluaran (Output) dan lain sebagainya dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja System.

3.Sistem Operasi Menjalankan Operasi Dasar

      Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, fungsi utama dari Sistem Operasi adalah menjalankan Operasi dasar pada Komputer.Sebelum aplikasi berjalan dan dapat berfungsi pada suatu Komputer, maka System Operasilah yang memungkinkan program atau aplikasi tersebut berjalan dan ditampilkan kepada pengguna atau user yang menggunakan Komputer tersebut.

4.Menyajika Interface Atau Tampilan Tatap Muka

     Fungsi ini sangatlah penting, yaitu sebagai perantara antara si’user dengan Hardware dengan menyediakan tampilan kepada user yang lebih mudah atau Friendly.Begini....jelasnya tampilan yang sobat lihat pada Komputer adalah hasil dari pengoperasian Sistem Operas.

      Jadi Sistem Operasi ini akan memudahkan aplikasi berjalan dan menampilkanya diMonitor atau menterjemahkan Bahasa Pemrograman CPU kemudian menampilkanya, bisa dalam bentuk text,grafis dan tampilan lainya yang mudah dipahami.

5.Melindungi Sekaligus Mengawasi Jalanya Program

   Pada dasarnya Sistem Operasi memungkinkan si’user yang memiliki hak untuk mengakses Komputer menjalankan suatu Program dan mengendalikan siapa yang bisa mengakses program tersebut atau yang dikenal sebagai fungsi Gate Keeper.
Nah.......Bagaimana apakah sobat sudah paham ? Oke....sekian postingan saya kali ini,semoga postingan saya kali ini bermanfaat bagi sobat-sobat semua.Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan postingan ini.Bila ada yang ingin sobat tanyakan , silahkan sobat berkomentar di bawah.
 

Popular Posts