Profesi Dalam Bidang Pengembangan Aplikasi Web Yang Harus Sobat Ketahui

Salam Sobat .....
Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit pengetahuan yang masih berkaitan dengan aplikasi Web ,yakni Profesi dalam pengembangan aplikasi Web.Nah....sebelum sobat lanjut ke profesi pengembangan aplikasi Web, alangkah baiknya sobat memahami dan mempelajari profesi dalam bidang IT terlebih dahulu.Oke...langsung saja sobat baca.....

Profesi Dalam Bidang IT (Teknologi Informasi)

Oke....pada era teknologi yang canggih ini ada banyak aneka profesi di bidang IT atau biasa di sebut dengan Teknologi Informasi.Dimana perkembangan teknologi IT pada zaman ini telah melahirkan suatu bidang baru yang tidak terlepas dari tujuan utamanya, yakni memudahkan manusia dalam mengerjakan aktifitasnya.

Sehingga munculnya bidang IT yang baru juga dapat memunculkan profesi di bidang IT yang semakin menjuru sesuai dengan keahlianya masing-masing.Secara umum, profesi di bidang IT juga di kelompokan sesuai dengan bidang keahlianya.Lantas apa sajakan contoh dan kelompok profesi dalam bidang IT tersebut ? Oke....langsung saja sobat simak.....

1.Kelompok Pertama

Profesi Dalam Bidang Pengembangan Aplikasi Web
Profesi IT (Software)
     Adalah mereka yang bergelut di dunia IT dalam bidang perangkat lunak atau biasa di sebut software.Misalnya saja merancang Database,merancang Sistem Operasi,ataupun sistem aplikasi.Contoh pekerjaan di bidang IT dalam kelompok software (Perangkat Lunak)..........

a.System Analisis

     Orang yang bekerja menganalisa system yang akan di implementasikan.Mulai dari menganalisa kelebihan dan kekurangan dari suatu system,sampai studi kelayakan dan desain system yang akan di kembangkan.

b.Programmer

     Orang yang bekerja mengimplementasikan rancangan system analisis, yakni membuat suatu program dengan ketentuan sesuai dengan system yang di analisa sebelumnya.

c.Web Designer

     Orang yang bekerja melakukan perencanaan,termasuk studi kelayakan,analisis dan desain terhadap suatu proyek pembuatan aplikasi berbasis Web.

d.Web Programmer

       Orang yang bekerja dengan mengimplementasikan web dari rancangan seorang Web Designer, yakni membuat program berbasis web berdasarkan desain yang telah di rancang oleh Web designer.

2.Kelompok Kedua

Profesi Dalam Bidang Pengembangan Aplikasi Web
Profesi IT (Hardware)
       Adalah mereka yang bergelut di dunia IT dalam bidang perangkat keras atau biasa di sebut Hardware.Misalnya saja memperbaiki dan memelihara perangkat keras komputer (Hardware) dan juga termasuk teknisi jaringan komputer.Contoh pekerjaan di bidang IT dalam kelompok Hardware (Perangkat Keras)........

a.Technical Engineer

        Biasa di sebut sebagai teknisi, yaitu suatu pekerjaan yang berkecimpung dalam bidang tehnik Hardware,mulai dari segi perawatan/pemeliharaan sampai perbaikan masalah pada Hardware komputer.

b.Networking Engineer

     Suatu pekerjaan yang berkecimpung dalam bidang teknis jaringan komputer,mulai dari maintenace sampai pada troubleshooting-nya

3.Kelompok Ketiga

      Adalah mereka yang bergelut di dunia IT dalam bidang operasional system operasi.Pada lingkungan terdapat pekerjaan-pekerjaan seperti....

a.EDP Operator

      Adalah suatu pekerjaan yang bertugas mengoperasikan progam-progam yang berhubungan dengan elektronik data procesing dalam lingkungan di sebuah perusahaan atau lingkungan lainya.

b.System Administrator

       Adalah suatu pekejaan yang bertugas melakukan administrasi terhadap suatu system.Seorang system administrator memiliki kewenangan menggunakan hak akses terhadap system,serta hal-hal lain yang berhubungan dengan pengaturan operasional terhadap sebuah system.

Profesi Dalam Pengembangan Aplikasi Web

1.Web Designer

Profesi Dalam Bidang Pengembangan Aplikasi Web
Web Designer
           Seorang Web Designer merupakan mereka yang menentukan atau mempertanggung jawabkan bagaimana tampilan suatu Web nantinya.Untuk tugasnya sendiri,seorang Web Designer harus mendesain tampilan Web, pengolahan tata letak gambar, warna, animasi dan semua aspek visual situs.

          Jadi profesi ini cocok nih....buat para sobat yang suka Desain khususnya Desain Web. Para Web Designer haru fokus pada layout atau tampilan Web.Mereka juga berkonsentrasi,bagaimana Web terlihat sempurna apabila sudah diberi Bahasa Pemogaman didalamnya.Nah....apa yang harus dikuasai oleh seorang Web Designer ? Untuk menjadi Web Designer sobat harus menguasai...

→HTML & CSS
→DHTML
→Mengolah Gambar
→Mengolah Animasi

2.Web Progammer

Profesi Dalam Bidang Pengembangan Aplikasi Web
Web Programmer

      Seorang Web Programmer bertugas untuk melakukan pengkodingan atau memrogram suatu web yang telah didesain oleh Web Designer agar terlihat dinamis.Tujuannya sendiri agar sebuah web tersebut dapat terlihat mudah bagi seorang web administrator.’

      Apabila situs yang akan di buat mempunyai fasilitas interaksi antara pengunjung dan situs misalnya menyangkut dengan transaksi,I/O data dan Database.Maka seorang Web Programmer yang akan mengerjakan dengan membuat aplikasi yang bekerja di atas situs web.

           Lalu hal apakah yang harus di kuasai seorang Web Programmer ? Nah...untuk menjadi Web Programmer sobat harus menguasai.....

→CGI Perl,PHP,MySQL (Unix Base)
→ASP (NT Base)
→Java Script & Applet


3.Web Administrator

Profesi Dalam Bidang Pengembangan Aplikasi Web
Web Administrator

          Seorang Web Administrator bertugas untuk menginterface suatu server dan mengerti akan Sistem Operasi server ,baik itu dari installasi sampai pada masalah (Troubleshooting) pada Sistem Operasi.

         Lalu hal apakah yang harus di kuasai seorang Web Administrator ? Nah...untuk menjadi Web Administrator sobat harus menguasai.....

→Sistem Operasi UNIX (Linux,FreeBSD daan lainya)
→Sistem Operasi NT
→Keamanan Server
→Jaringan

4.Web Master

Profesi Dalam Bidang Pengembangan Aplikasi Web
Web Master

          Seorang Web Master adalah orang yang mengerti akan semua hal yang ada di atas, yakni Desain, Program,dan Keamanan server.Namun tidak turut mencampuri kerja masing-masing kelompok (Divisi).web Master cuma bertugas mempertanggung jawabkan atas jalanya Website.

          Lalu hal apakah yang harus di kuasai seorang Web Master ? Nah...untuk menjadi Web Master sobat harus menguasai.....

→HTML,DHTML,CSS
→CGI Perl,PhP,MySQL,ASP,dan JavaScript
→Keamanan Server
→Jaringan

5.Web Developer

Profesi Dalam Bidang Pengembangan Aplikasi Web
Web Devoloper

  Lantas apakah itu Web Developer ? Nah.....kegiatan di atas secara keseluruhan di namakan suatu team yang di sebut Web Developer.

   Web Developer memberi bantuan seperti konsultasi Web,konsep Web yang akan di buat dan membangun sebuah Web.

      Nah....bagaimana dari sekian banyak profesi di bidang IT,sobat berminat yang apa ?Untuk menjadi seperti di atas tentunya sobat harus rajin belajar dan terus semangat.

        Oke....sekian postingan saya kali ini,semoga postingan saya kali ini bermanfaat bagi sobat-sobat semua.Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan postingan ini.Bila ada yang ingin sobat tanyakan , silahkan sobat berkomentar di bawah.

 

Popular Posts